Jumat, 03 Agustus 2012

Ketika Pintu Syurga Sangat Rindu Untuk Dilewati

Ketika Pintu Syurga Sangat Rindu Untuk Dilewati

Syurga (aljannah) adalah suatu tempat di alam akhirat yang penuh dengan kesenanagan, keselamatan, kesejahteraan, dan kemuliaan yang abadi, sebagai imbalan amal kebaikan seseorang yang diberi Allah SWT, wajah para penghuninya akan rupawan, tidak ada perselisihan, karena hatinya menyatu, senantiasa bertasbih pada pagi dan sore. Nah persoalannnya siapa saja calon penghuninya, berikut saya akan terangkan nama surga sekaligus calon penghuninya, sebagaimana yang telah diterangkan dalam al Quran, yang jarak tingkatan syurga yang satu dengan lainnya terdiri dari seratus tingkat, dan jarak antara satu dengan yang lainnya, seperti antara langit dan bumi.
Selanjutnya kita tidak lupa mengutip hadits riwayat Ibn Abbas r.a. berkata: Raulullah s.a.w. bersabda yang bermaksud:  “Sesungguhnya ahli syurga itu muda semua, lurus, tidak ada rambut di kepala, alis dan kelopak mata, sedang janggut, kumis, ketiak dan kemaluan tidak ada rambut, tinggi mereka setinggi Nabi Adam a.s., enam puluh hasta, usianya bagaikan Nabi Isa 33 tahun, putih rupanya, hijau pakaiannya, dihidangkan kepada mereka hidangan, maka datang burung dan berkata: Hai waliyullah, saya telah minum dari sumber salsabil dan makan dari kebun syurga dan buah-buahan, rasanya sebelah badanku masakan dan yang sebelahnya gorengan, maka dimakan oleh orang itu sekuatnya.”
Sementara itu pintu syurga berdasarkan hadis riwayat Ibnu Abbas ra. berkata: “Surga mempunyai 8 pintu yang terbuat dari emas, yang dihiasi dengan jauhar (sejenis mutiara) dan pada pintu yang pertama tertulis kalimat LAA ILAAHA ILLALLAAH MUHAMMADUR RASUULULLAH, yaitu pintu bagi para Nabi dan Rasul, syuhada’ dan juga pintunya orang-orang yang dermawan. Pintu yang kedua yaitu pintu bagi orang-orang yang mendirikan shalat, orang yang menyempurnakan wudhunya dan orang yang menyempurnakan rukun-rukun shalatnya. Pintu yang ketiga yaitu pintu bagi orang-orang yang memberikan zakatnya dengan senang hati dan ikhlas. Pintu yang keempat yaitu pintu bagi orang-orang yang memerintahkan kepada kebajikan dan mencegah terhadap perbuatan munkar. Pintu yang kelima yaitu pintu bagi orang-orang yang dapat memelihara syahwatnya dan mencegah dari nafsu yang buruk. Pintu yang keenam yaitu pintu bagi orang-orang yang melaksanakan haji dan umrah. Pintu yang ketujuh yaitu pintu bagi orang-orang yang berjihad (dijalan Allah). Dan pintu yang kedelapan yaitu pintu bagi orang-orang yang bertaqwa, yaitu orang yang memejamkan matanya dari perbuatan dan sesuatu yang haram, orang-orang yang melakukan kebaikan, diantaranya: berbuat baik kepada orang tua, mempererat tali persaudaraan (silaturrahim) dan lain sebagainya.”
Sementara syurga ada 8 macam lanjutnya  yakni Darul Jalal yaitu surga yang terbuat dari mutiara putih, Darus Salam yaitu surga yang terbuat dari yaqut merah, Jannatul Ma’wa yaitu surga yang terbuat dari zabarjud hijau, Jannatul Khuldi yaitu surga yang terbuat dari marjan yang berwarna merah dan kuning, Jannatun Na’im yaitu surga yang terbuat dari perak putih, Jannatul Firdaus yaitu surga yang terbuat dari emas merah, Jannatul ‘Adn yaitu surga yang terbuat dari intan putih, Darul Qarar yaitu surga yang terbuat dari emas merah.
Tidak lupa bahwa seseorang akan dipanggil masuk syurga berdasarkan amal ibadahnya seperti pintu arroyan untuk yang berpuasa bulan Ramadhan, sementara itu juga ada pintu syurga, dimana pintu itu sangat rindu bahkan memanggil seorang hamba agar masuk melalui pintunya, menurutnya itulah orang-orang yang mempunyai amal yang kompleksitas, seperti; Beriman dan beramal saleh, Bertakwa, Taat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, Berinfak di kala senang maupun susah, dan Memiliki hati yang selamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Coment Anda Disini