Minggu, 10 Juni 2012

Misteri Angka 7 Dalam Al Quran Bagian Pertama

Misteri Angka 7 Dalam Al Quran Bagian Pertama

Dalam tausiah kita akan mengkaji misteri pemakaian Angka 7 baik dalam kehidupan sehari-hari manusia umumnya, dan khususnya penggunaan Angka 7 dalam Al Quran sebagai pedoaman ummat Islam mencari arti kehidupan.
Bahwa Al Quran memang benar-benar memiliki mukjizat yang tidak habis-habisnya untuk dikaji dari berbagai sudut pandan displin ilmu. sebagaimana firman Allah SWT., yang termaktum dalam surat Al Kahfi ayat ke 109 yang berbunyi:
قُلْ لَوْ كَانَ الْبَحْرُ مِدَادًا لِكَلِمَاتِ رَبِّي لَنَفِدَ الْبَحْرُ قَبْلَ أَنْ تَنْفَدَ كَلِمَاتُ رَبِّي وَلَوْ جِئْنَا بِمِثْلِهِ مَدَدًا (١٠٩)
Katakanlah (Wahai Muhammad), seandainya lautan menjadi tinta (untuk menulis), kalimat Tuhanku, maka habislah lautan itu sebelum selesai (penulisan) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu juga”.

Kita akan mencoba membahasnya satu persatu rahasia dibalik Angka 7  di dalam Al Quran, di antaranya: Dalam Q.S Al-Baqarah ayat 29 yang berbunyi:
هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ (٢٩)
“Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit,  dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.”
Bahwa Angka 7 merupakan angka yang paling banyak diulang-ulang dalam Al Quran setelah angka 1 (ahad), ini suatu indikasi bahwa betapa urgennya angka ini. Demikian juga halnya awal dari surat dalam Al Quran surat Al Fatihah, surat Al Fatihah dinamakan dengan sab’ul matsaani  (7 yang selalu diulang-ulang dalam shalat) dan jumlah ayatnya ada 7 ayat, yang berbunyi:
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (١)الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (٢)الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (٣)مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ (٤)إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (٥)اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (٦)صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ (٧)
Jumlah bilangan huruf abjad dalam bahasa Arab yang diturunkan oleh Allah SWT dalam Al Quran ada 28 huruf.  Jumlah 28 ini adalah perkalian dari angka 7, yakni 7×4=28.
Jumlah dari pintu neraka ada 7 pintu walau satu pintu saja kita belum bisa melihatnya, kalimat jahannam dalam Al Quran ada 77 x, dan jumlah 77 ini adalah perkalian dari 7, yakni 7×11=77. Bahwa langit dan bumi memiliki 7 lapisan.seperti mana yang tercantum dalam Q.S Athalaq ayat 12, dan Q.S. Al Mulk 3. Ketika ummat Islam melaksanakan ibadah haji juga disuruh untuk thawaf, 7x Sa’i, dan melempar jumrah, untuk mengusir syetan dengan 7x lemparan kerikil.
Bahkan Angka 7 adalah angka yang disebutkan pertama sekali didalam Al Quran. seperti yang tertulis dalam Q.S Al Baqarah 29 dan terakhir sekali disebutkan pada surat Annaba’ ayat 12, bahwa jumlah bilangan surat dari Al Baqarah dan Annaba ada 77 surat. Kita tahu sebelumnya angka 77 ini adalah perkalian yang habis dibagi 7. Sungguh mukjizat yang luar biasa juga, bahwa jumlah bilangan ayat dari ayat pertama sampai akhir ayat berjumlah 5649 ayat, dan ini juga perkalian 7, yakni 7×807, atau 5649:7.
Jadi sungguh banyak sekali penggunaan Angka 7 dalam Al Quran, demikian juga kehidupan sehari-hari, seperti pincuran 7 di Minang, air 7 rupa, kembang 7 macam, obat sakit kepala bintang 7, 7 keajaiban dunia, 7 hari seminggu, pusing 7 keliling, dan lain-lain sebagainya, demikian itu tentu ada maknanya masing-masing sesuai penafsiran dan keinginan yang memakainya, semoga uraian singkat bermamfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Coment Anda Disini