Rabu, 21 September 2011

MAKNA BERKAH


البركة
البرك : Asal katanya (al-baroka) yaitu : munculnya onta, dan pada penggunaan yang lain dikatakan بركة (barokah) : yaitu onta berlutut, dan pada ungkapan yang lazim “tetaplah kalian pada medan perperangan” dan tempat yang dikosongkan. Dinamai pula air yang tetap dalam bak..
البركة (al Baraokah) yaitu : tetapnya kebaikan Tuhan pada sesuatu. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Quran Surat al-‘Araf ayat 96 :
ولو أن أهل القرى آمنوا واتقوا لفتحنا عليهم بركات من السماء والأرض ولكن كذبوا فأخذناهم بما كانوا يكسبون
Terjemahannya :
Jika sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.

Dan dimanai demikian karena tetapnya kebaikan padanya tetapnya air dalam barakah.
المبركة (Al Mubarakah) : yaitu sesuatu yang di dalamnya terdapat kebaikan, sebagaimana dalam Firman Allah SWT QS. al-Ambiya’ ayat 50 :
وهذا ذكر مبارك أنزلناه أفأنتم له منكرون
Terjemahannya :
Dan Al Qur'an ini adalah suatu kitab (peringatan) yang mempunyai berkah yang telah Kami turunkan. Maka mengapakah kamu mengingkarinya?

Peringatan yang mesti dipenuhi dari pada kebaikan-kebaikan Tuhan. Dan Firman Allah SWT QS. al-An’aam ayat  155 :
وهذا كتاب أنزلناه مبارك فاتبعوه واتقوا لعلكم ترحمون
Terjemahannya :
Dan Al Qur'an itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat.


Dan firman Allah dalam QS. Maryam ayat : 31 :
وجعلني مباركا أين ما كنت وأوصاني بالصلاة والزكاة ما دمت حيا
Terjemahannya :
dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;

Artinya  tempat  kebaikan-kebaikan Tuhan. Dan  firman Allah SWT QS. ad-Dhukhan ayat  3 :
إنا أنزلناه في ليلة مباركة إنا كنا منذرين
Terjemahannya :
sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.

Dan dalam QS. al-Mukminun ayat  29 :
وقل رب أنزلني منزلا مباركا وأنت خير المنزلين
Terjemahannya :
Dan berdoalah: "Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat."

Artinya : sekira-kira jika memperoleh akan sebuah kebaikan dari Tuhan.
Dikatakan dalam firman Allah SWT QS.  Qaf   9 :
ونزلنا من السماء ماء مباركا فأنبتنا به جنات وحب الحصيد

Terjemahannya :
Dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.

Maka barakah air langit yaitu sesuatu yang diingatkan, dengan firman Allah SWT QS. az-Zumar ayat 21 :
ألم تر أن الله أنزل من السماء ماء فسلكه ينابيع في الأرض ثم يخرج به زرعا مختلفا ألوانه ثم يهيج فتراه مصفرا ثم يجعله حطاما إن في ذلك لذكرى لأولي الألباب
Terejemahan :
Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu ia menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.

Dan katanya Allah SWT QS. al-Mukminun ayat 18 :
وأنزلنا من السماء ماء بقدر فأسكناه في الأرض وإنا على ذهاب به لقادرون

Terjemahannya :
Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya.

Dan adakalanya kebaikan yang diberikan Tuhan muncul tanpa diperhitungkan dan atas cara-cara yang tidak diduga dan tanpa sepengetahuan disaksikan selalu bertambah yaitu yang dimaksud mubarakah dan di dalamnya ada berkah.
Dan dikatakan dalam firman allah SWT dalam QS al-Furqan ayat 61 :
تبارك الذي جعل في السماء بروجا وجعل فيها سراجا وقمرا منيرا
Terjemahannya :
Maha Suci Allah yang menjadikan di langit gugusan-gugusan bintang dan Dia menjadikan juga padanya matahari dan bulan yang bercahaya.

Peringatan atas sesuatu yang diberikan kepada kita dari nikmat dengan perantara gemerlapan bintang dan cahaya-cahaya yang disebutkan dalam ayat ini, dan tiap-tiap tempat yang telah disebutkan padanya lafaz (tabarakah) maka adalah merupakan peringatan atas kekhususan Allah SWT dengan berbagai macam kebaikan yang disebutkan, dan katanya Allah SWT dalam QS al-Mukminun ayat 14 :
ثم خلقنا النطفة علقة فخلقنا العلقة مضغة فخلقنا المضغة عظاما فكسونا العظام لحما ثم أنشأناه خلقا آخر فتبارك الله أحسن الخالقين
Terjemahannya :
Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Suci lah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.

Dan dalam QS. al-Furqan ayat 1 :
تبارك الذي نزل الفرقان على عبده ليكون للعالمين نذيرا
Terjemahannya :
Maha Suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqaan (Al Qur'an) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.

Dalam QS al-Furqan ayat 10 :
تبارك الذي إن شاء جعل لك خيرا من ذلك جنات تجري من تحتها الأنهار ويجعل لك قصورا
Terjemahannya ;
Maha Suci (Allah) yang jika Dia menghendaki, niscaya dijadikan-Nya bagimu yang lebih baik dari yang demikian, (yaitu) surga-surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, dan dijadikan-Nya (pula) untukmu istana-istana.

Dan Qs al-Mukmin ayat 64 :
الله الذي جعل لكم الأرض قرارا والسماء بناء وصوركم فأحسن صوركم ورزقكم من الطيبات ذلكم الله ربكم فتبارك الله رب العالمين
Terjemahannya :
Allah-lah yang menjadikan bumi bagi kamu tempat menetap dan langit sebagai atap, dan membentuk kamu lalu membaguskan rupamu serta memberi kamu rezeki dengan sebahagian yang baik-baik. Yang demikian itu adalah Allah Tuhanmu, Maha Agung Allah, Tuhan semesta alam.

Dan firman Allah SWT QS. al-Mulk ayat 1 :
تبارك الذي بيده الملك وهو على كل شيء قدير
Terjemahannya :
Maha Suci Allah Yang di tangan-Nya lah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu,

Kesemuanya itu merupakan peringatan-Nya atas kekhususan yang diberikan Allah SWT dengan berbagai macam kebaikan yang telah disebutkan.
Kesimpulannya : Barakah itu adalah tetapnya kebaikan dari Allah SWT.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Coment Anda Disini